tentang blog

Blog ini berisi beberapa tulisan dan catatan apa yang diketahui dan dialami penulis selaku orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus/ difable/ cerebral palsy. Blog ini kami jadikan sebagai wadah bagi kami untuk diskusi, berbagi cerita atau berbagi pengalaman dan tempat bagi kami untuk bertukar informasi dengan para pembaca khususnya dengan sesama orang tua yang memiliki anak CP. Beberapa tulisan dalam blog ini merupakan ‘copy paste’ dari berbagai sumber yang kami anggap baik untuk diangkat untuk menambah wawasan tentang Cerebral Palsy. Semoga bermanfaat.

Senin, 15 November 2010

Kursi roda untuk anak Cerebral Palsy


Tahun ini, Alhamdulillah Zahra genap 5 tahun. Setelah lebih dari 3 tahun terapi, namun Zahra belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tapi Alhamdulillah Zahra sudah jarang sakit-sakitan seperti dulu yang membuat dia sebentar-sebentar harus diopname.

Seiring dengan bertambahnya umur dan melihat kondisi Zahra yang belum dapat beraktifitas. Kami merasa membutuhkan sebuah alat bantu untuknya karena kami harus selalu menggendongnya kemana-mana, apalagi sekarang badannya semakin tinggi.

Sekitar bulan mei 2010 saya mencoba mencari informasi kursi roda untuk anak-anak difable seperti Zahra. Kami mencari informasi dengan browsing di internet. Kami menemukan beberapa tipe kursi roda khusus untuk penderita cerebral palsy.  Namun sayang harganya sangat mahal sekali dan itupun harus impor dari luar negeri, kalaupun ada yang buatan lokal tetap saja harganya mahal.

Setelah sekian lama browsing, saya mendapatkan informasi ada program ’UCP Wheels For Humanity’ yang dimotori oleh United States Agency of Internasional Development (USAID) bekerjasama dengan United Cerebral Palsy (UCP) Amerika Serikat. Yaitu sebuah program untuk memberikan bantuan kursi roda khusus untuk anak-anak CP di Indonesia yang berumur sekitar 3-15 tahun. Kursi roda dari program ini tidak sama dengan kursi roda biasa, karena dilengkapi dengan berbagai penunjang sesuai dengan apa yang dibutuhkan si pemakai. Perbedaannya terletak pada pemenuhan kebutuhan lain, misalnya adanya penyangga kepala, penyangga kaki dan tangan, penegak tubuh, meja yang bisa dibongkar pasang, safe belt  dan sebagainya. Sehingga kursi roda ini disediakan berbasis pada kebutuhan masing-masing individu pemakainya.

Bantuan kursi roda ini diberikan karena di Indonesia, pemenuhan akan kursi roda untuk anak-anak penyandang difable tergolong sulit, tidak seperti di Amerika yang bisa didapatkan dengan mengajukan pada pihak asuransi atau hanya tinggal meminta pada pemerintahnya saja.

Program ini juga tak hanya bertumpu pada penyediaan kursi roda saja tetapi juga pemberdayaannya "Ini bukan hanya sekedar amal, tetapi juga penguatan individu. Dimana kita harus mulai mengakui bahwa penyandang cacat juga manusia. Selain itu, ini juga karena keprihatinan akan pelayanan kesehatan yang belum maksimal di Indonesia”. papar Direktur UCP, Michael Allen

Menarik, untuk kami ini sangat menarik sekali. Lalu kami mencoba menghubungi Rumah Fisio, sebuah klinik fisioterapi di daerah Cilandak Jakarta Selatan yang menjadi rujukan UCP untuk mendistribusikan kursi roda tersebut. Alhamdulillah setelah beberapa kali kontak dan atur jadwal dengan pihak Rumah Fisio pada bulan juni 2010 kami membawa Zahra untuk fiiting. Zahra harus diukur dan difoto karena kursi roda ini akan didesain khusus sesuai dengan ukuran badan zahra.

Selang dua minggu setelah Zahra diukur dan difoto, kami dihubungi pihak Rumah Fisio bahwa kursi roda Zahra sudah bisa diambil.  Alhamdulillah, atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala kami diberikan jalan dan kemudahan sehingga Zahra bisa memiliki sebuah kursi roda. Kemudahan lainnya adalah kursi roda ini diberikan secara cuma-cuma, kami hanya dikenakan ongkos kirim saja. Alhamdulillah sekarang Zahra punya ‘mainan baru’ dan satu-satunya mainan baginya, Terima kasih Rumah Fisio…

Note: 
Untuk para orang tua yang memiliki anak cerebral palsy berumur antara 3-15 tahun, khususnya bagi anaknya yang belum bisa duduk/ jalan yang berdomisili di sekitar Jabodetabek - tidak menutup kemungkinan di luar itu, dengan beberapa catatan - dan membutuhkan kursi roda khusus untuk anak penderita cerebral palsy. Karena begitu besar manfaatnya kursi roda ini bagi perkembangan anak CP  kami menyarankan untuk menghubungi RUMAH FISIO.

5 komentar:

  1. ibunda zahra, salam kenal saya orang tua dengan anak menderita cp juga. putri kami sekarang 5 tahun tepatnya bulan maret 2011. belakangan ini saya browsing mengenai kursi roda untuk anak cp. besar kiranya ibunda zahra mau membantu kami, dan putri kami(nafra). sampai sekarang putri kami juga belum mengalami perkembangan yang signifikan dengan terapi yang kami lakukan. mohon ibu membantu kami. terima kasih atas infonya

    salam
    -ayu-

    BalasHapus
  2. Salut buat bunda yang begitu tegar dan semangat mencari info seputar CP. Apalagi untuk kursi roda cerebal palsy, tidak banyak yang jual dan ready stok.

    Dulu di salah satu toko Kursi Roda sempat ada, tapi tidak lama sudah disumbangkan lagi.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, terimakasih atas blog ini ( istiqomatuzzahro lubis )yg memberikan informasi ini agar bisa mendapatkan kursi roda untuk ABK CP yang juga diderita anak saya. semoga informasi ini juga bisa merujuk Rumah Fisio untuk mewujudkan kebutuhan anak saya seperti Zahra sekarang, Amin...

    BalasHapus
  4. Salam kenal saya orang tua dengan anak menderita cp juga. Putri kami sekarang 4tahun dan saya sering melakukan browsing mengenai kursi roda untuk anak cp tapi hanya mendapatkan gambar tetapi tidak tau membuatnya dimana.besar kiranya ibunda zahra mau membantu kami memberikan info dan putri kami(Cammy).sampai sekarang ini putri kami belum mengalami perkembangan yang signifikan dengan terapi yang kami lakukan .mohon ibu bisa membantu kami seputar kursi roda ini.semoga ibu membaca blog saya.terima kasih.

    Salam,
    -Henny-
    Balas

    BalasHapus
  5. just share info aja , bagi yg minat membeli kursi roda cp (cereblral palsy) dapat buka di link ini: http://kursiroda.net/Kursi-roda-anak-cp-cerebral-palsy.htm Thanks all....

    BalasHapus